Cara Membuka Akses Blackberry Yang Terkunci


Anda pernah merasakan Blackberry yang terkunci? Bisa mengakses Blackberry Messenger (BBM), internet, YM, Maps, GPS, dll, tapi tidak dapat membuka email atau menerima email?
Kalau Blackberry itu selalu di tangan Anda (bukan baru beli BB second) hal tersebut (biasanya) disebabkan oleh penggantian kartu SIM Card (ganti provider), atau telat memperpanjang layanan BIS (Blackberry Internet Services) untuk yang pakai kartu Prabayar.
Kalau Blackberry tersebut baru Anda dapat karena beli BB second dan akses mailnya terkunci. Hal tersebut biasanya dikarenakan karena pemilik BB lama tidak mengeluarkan status PIN-nya dari situs Blackberry.


Cara membuka Blackberry yang terkunci tersebut mudah saja. Anda tidak perlu repot-repot mengantri di customer service atau menelpon layanan pelanggan yang sampe botak juga tidak menyelesaikan masalah (gw nyoba sendiri ‘capeknya’ nelpon layanan pelanggan Telkomsel) .
Untuk membukanya, Anda perlu satu kartu SIM Card baru, dan memastikan Blackberry Anda bukan Blackberry yang terkunci providernya. Tips ini hanya berlaku untuk Blackberry yang terbuka (unlock), bukan Blackberry yang berstatus locked.
DISCLAIMER:  Cara membuka akses Blackberry ini, dicoba pada Blackberry dengan kartu Telkomsel dan kartu XL, dengan bantuan kartu AXIS dan berhasil. Kami tidak menjamin cara ini bisa selalu berhasil, dan kami tidak bertanggung jawab jika ada kerusakan yang mungkin dapat terjadi.
Silahkan gunakan cara ini dengan resiko Anda sendiri.
Kebutuhan
Untuk membuka akses email yang terkunci tersebut, Anda membutuhkan kelengkapan sbb:
1.    Unit Blackberry yang terkunci.
2.    PIN Blackberry Anda.
3.    HP lain non Blackberry.
4.    SIM Card baru yang belum aktif Blackberry Internet Services (BIS)-nya.
5.    Komputer/PC/Notebook yang terhubung ke internet.
6.    Jika Blackberry Anda barang second, setidaknya Anda harus tahu dimana sebelumnya PIN Blackberry tersebut terdaftar (misalnya sebelumnya pakai kartu T-Sel, XL, atau apa)

Langkah-Langkah Upaya Pembebasan.. (taela!)
1.    Pastikan Blackberry Anda adalah unit yang tidak terkunci operator (unlock) dengan cara;Pilih Option -> Advanced -> Sim CardDi layar Anda saat ini akan terlihat:
ID: 12131231241241434123 (deretan angka)
Phone Number: Unknown Number
2.    Pada saat layar menu Sim Card tersebut terbuka, ketikkan; MEPD
Jika Anda melakukannya dengan benar, di layar Anda saat ini akan terlihat (seperti gambar diatas):
ID: 12131231241241434123 (deretan angka)
Personalization:
SIM: Disabled
Network: Disabled
Network Subset: Disabled
Service Provider: Disabled
Corporate: Disabled
Phone Number: Unknown Number
3.    Jika keterangan yang terlihat sama dengan diatas, silahkan teruskan ke bagian selanjutnya. Jika tidak, berarti Blackberry Anda dalam posisi Locked. Silahkan dibawa ke provider, atau toko HP terkemuka untuk membukanya.
4.    Jika posisi keterangan yang dilihat sama, tahap berikutnya adalah menyiapkan kartu SIM Card baru. Saya pribadi mencobanya dengan kartu AXIS, dengan alasan ada layanan BIS harian dan kartunya murah.
5.    Sementara waktu, Blackberry yang macet nerima emailnya diletakkan dulu disebelah.
6.    Siapkan HP Non Blackberry dan kartu SIM Card barunya, seperti biasa, registrasikan kartu Anda hingga aktif dan menerima pesan jika nomor baru tersebut sudah bisa digunakan. Pastikan dengan mencoba menerima dan menelpon nomor lain dahulu. Jika sudah;
7.    Lalu aktifkan fasilitas Blackberry Internet Services (BIS) kartu baru tersebut DARI HP NON BLACKBERRY.
Contohnya; pada kartu Axis, Layanan BIS Axis tersebut saya aktifkan dengan mengetikkan:
*222# lalu tekan tombol Call.
8.    Tunggu konfirmasi dari Axis, sampai layanan BIS di kartu baru tersebut sudah diaktifkan.
9.    Sambil menunggu,  gunakan komputer Anda, lalu kunjungi situs dimana Blackberry Anda terdaftar saat ini atau sebelumnya.Contohnya; jika kartu saat ini Telkomsel, Anda bisa menuju ke http://telkomsel.blackberry.com
10.    Pada tampilan Login Screen “Welcome To Blackberry” ;Klik Forgot Password disamping kolom Password.
11.    Hal tersebut membawa Anda ke halaman baru “Forgot Your Password?”, laluPilih opsi PIN, Isikan PIN Anda dan Klik Forgot Password disamping kolom Password.
12.    Tunggu sampai password baru terkirim ke Blackberry Anda.
13.    Jika pesan dari Blackberry telah diterima, CATAT informasi email address dan password Anda disana.
14.    Setelah Password diterima, kembali ke Blackberry Anda. Lalu matikan layanan Blackberry Internet Services (BIS) Anda.Contoh: Di kartu Telkomsel saya kirim SMS ke nomor 333 dan ketik: BB UNREG
15.    Setelah Anda mendapat pesan layanan BIS Anda telah dihentikan, lalu ketikkan SMS dengan pesan; BB OFF
16.    Pada saat ini, status Blackberry Anda tidak bertuan, alias tidak terdaftar kemana-mana. Tunggu kira-kira sekitar 10 menit untuk memastikan layanan BIS Anda di Blackberry Anda sudah benar-benar mati total.
17.    Jika sudah, keluarkan SIM Card lama dan masukan SIM Card baru yang telah memiliki layanan BIS aktif yang dijelaskan pada keterangan nomor 7 diatas ke dalam Blackberry Anda.
18.    Tunggu sekitar 5 sampai 15 menit (tergantung kondisi jaringan), Blackberry Anda akan menerima beragam pesan aktivasi (dalam contoh ini pesan dikirimkan oleh Axis).
19.    Blackberry Anda siap menerima email kembali.

(http://irwan.net)

About these ads

One response to “Cara Membuka Akses Blackberry Yang Terkunci

  1. mau tanya dong nih saya tadi membuat password lock untuk blackberry curve type 8310,lalu tiba2x saya ingin membukanya kembali tidak bisa saya sudah coba memasukkan password yang benar tapi tetap aja uncorrect sampai pada akhirnya timbul command untuk masukkan kata “blackberry”,lalu saya ikuti tapi tidak bisa. nah itu bagaimana yah cara bukanya? soalnya banyak data2x penting saya yang ada didalam situ seperti nomor telepon,task dll yang memang saya sangat butuhkan sekali,apakah ada kodenya?. bisa tidak yah kalo diback up dulu baru di buka phone locknya?supaya data2x saya tidak hilang,sekian terima kasih.bisa balas langsung ke email saya di mattkoyongian@gmail.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s